Senin, 31 Desember 2012

KAB. TOLIKARA - PAPUA

Kabupaten Tolikara adalah kabupaten yang terletak di wilayah Pegunungan Tengah Provinsi Papua. Kabupaten Tolikara terbentuk berdasarkan UU No. 26 / 2002 tentang Pembentukan Kabupaten Sarmi, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Waropen, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Mappi, Kabupaten Asmat, Kabupaten Teluk Bintuni, dan Kabupaten Teluk Wondama di Provinsi Papua, sebelumnya Kabupaten Tolikara merupakan bagian dari Kabupaten Jayawijaya.

Pada awal pembentukannya, Kabupaten Tolikara terdiri dari 4 (empat) Distrik yaitu Distrik Kembu, Distrik Bokondini, Distrik Karubaga dan Distrik Kanggime, dengan Karubaga sebagai ibukota. Karena posisinya yang berada di wilayah pegunungan, Tolikara termasuk daerah dingin dengan pemandangan alam yang indah dan masih asli. Kabupaten Tolikara mempunyai batas wilayah sbb:
  1. sebelah utara berbatasan dengan Distrik Mamberamo Hulu dan Distrik Pantai Timur Kabupaten Sarmi;
  2. sebelah timur berbatasan dengan Distrik Kobakma Kabupaten Jayawijaya;
  3. sebelah selatan berbatasan dengan Distrik Kelila, Distrik Bolakma, Distrik Gameliya, dan Distrik Pirime Kabupaten Jayawijaya; dan
  4. sebelah barat berbatasan dengan Distrik Ilu dan Distrik Fawi Kabupaten Puncak Jaya dan Distrik Waropen Atas Kabupaten Waropen.
Berikut beberapa fhoto pemandangan alam Kabupaten Tolikara.

Jalanan menuju Kab. Tolikara


Kondisi jalan menuju Kab. Tolikara


Kota Karubaga Kab. Tolikara


Pusat Kota Karubaga Kab. Tolikara (tampak Bandar Udara)


Salah satu gunung yang mengapit kota Karubaga Kab. Tolikara


Danau BIUK yang terletak di puncak gunung
di Distrik Karubaga Kab. Tolikara


Hotel Tolikara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar